Kamis, 29 Februari 2024

 


Senin, 19 Februari 2024. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember telah menyelenggarakan kegiatan Istighosah, Open Talk 1, Sosialisasi Kombi dan Topik Riset berbasis KeRis. Pada acara ini dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2021, 2022 dan 2023. Sedangkan, pada acara Sosialisasi Kombi dan Topik Riset berbasis KeRis hanya dikhususkan dan diwajibkan bagi angkatan 2022. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan menyambut perkuliahan di awal semester baru dan berbincang bersama antara mahasiswa dengan para dosen.

 Kegiatan pertama diawali dengan sambutan dari Prof. Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Jember. Kemudian dilanjutkan dengan acara istighosah, dengan mengusung tema “Mewujudkan Keseimbangan Spiritualitas Generasi Muda Dalam Kehidupan Kampus“. Pada kegiatan religi ini kita bersama-sama membaca ayat suci Al Qur'an serta membaca doa dan berdzikir kepada Allah SWT. Dengan demikian diharapkan para mahasiswa dapat menyeimbangkan ibadahnya antara kehidupan kampus dan akhirat, serta meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. 

 Acara kedua yaitu open talk 1. Dalam kegiatan ini mahasiswa dapat berbincang langsung dengan para dosen. Diawali dengan dosen menyampaikan pemberitahuan mengenai peraturan terbaru di Prodi Pendidikan Biologi. Kemudian dilanjut dengan sesi tanya jawab. Di sini mahasiswa dapat memberi pertanyaan secara langsung atau bertanya melalui angket yang telah disediakan. Tanya jawab bersama dengan dosen terdiri dari 2 sesi, yaitu sesi pertama dengan tanya jawab melalui angket yang telah disediakan dan sesi kedua yaitu tanya jawab secara langsung dari mahasiswa. Terakhir yaitu penyampaian saran dari dosen bagi mahasiswa agar dalam perkuliahan ini dapat berjalan dengan baik. Dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyampaikan pertanyaan atau kritik dan saran mengenai perkuliahan.

 Acara terakhir yaitu Sosialisasi Kombi dan Topik Riset berbasis KeRis. Sosialisasi ini bertujuan memperkenalkan kelompok dan topik riset untuk tugas akhir semester. Kegiatan ini mengangkat 5 topik KeRis, yaitu:

1. Biologi Konservasi

2. Gen Tech

3. Plant Crop Sciences (PCS)

4. Animal & Biomedical Sciences (ABS)

5. Digital & Learning Inovation (DiLI)

 Pengenalan topik di atas sangat penting bagi mahasiswa untuk menyiapkan penelitian yang akan dilakukan. Selain itu, dalam sosialisasi ini juga dikenalkan dosen-dosen pembimbing untuk menyiapkan skripsi dan tugas akhir yang akan datang. Dari sosialisasi yang telah dilakukan, diharapkan mahasiswa dapat memilih topik KeRis sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa.

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Translate

Total Visitors

Popular Posting

Blog Archive

Pengikut