Sabtu, 05 Maret 2016


Apa itu HMPSP Biologi Lumba-lumba?

Mahasiswa merupakan suatu agen yang diharapkan dapat menjadi pilar-pilar yang akan meneruskan masa depan suatu negara. Mahasiswa merupakan orang-orang yang banyak sekali memiliki potensi yang sangat dibutuhkan dalam rangka pembangunan sehingga perlu adanya suatu wadah yang dapat menampung dalam rangka membangun dan meningkatkan potensi-potensi itu. Sudah tidak ragu lagi bahwa untuk menjadi mahasiswa sejati yang menjalankan tri darma perguruan tinggi, tidak hanya bisa dicapai dengan duduk, mengikuti perkuliahan, lalu pulang begitu saja.

Universitas Jember merupakan salah satu universitas terkenal di Jawa Timur, mulai mengalami kemajuan yang pesat di dalam berbagai hal. Di Universitas Jember ini terdapat beberapa fakultas yang salah satunya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Terdapat 11 program studi (P.S.) yang ada di FKIP yang salah satunya adalah P.S. Pendidikan Biologi. Di setiap P.S. pasti memiliki HiMa atau himpunan mahasiswa. “Lumba-lumba” merupakan nama dari HiMa Pendidikan Biologi

Nama “Lumba-lumba” diambil karena banyak hal. Lumba-lumba merupakan hewan yang dalam hal ini menjadi salah satu kajian dari ilmu biologi. Selain itu terdapat beberapa keunikan tersendiri dari hewan ini yang membedakannya dengan hewan lainnya. Lumba-lumba merupakan hewan yang sangat cerdas dan pintar, namun dari kecerdasan dan kepintarannya tersebut tidak membuat lumba-lumba menjadi hewan yang sombong. Mereka juga menjadi hewan yang ramah terhadap hewan yang lain termasuk juga dengan manusia. Mereka juga suka menolong jika ada yang memerlukan bantuannya. Oleh sebab itu, mengapa lambang dan nama dari lumba-lumba digunakan pada logo di HiMa Pendidikan Biologi ini.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Lumba-lumba atau disingkat dengan HMPSP Biologi Lumba-lumba memiliki empat bidang dimana setiap bidang terdapat beberapa departemen atau divisi yang memiliki CO atau ketua dan anggota. Setiap bidang tersebut diketuai oleh ketua bidang. Pada bidang satu terdapat 3 departemen yaitu studi akademik, penelitian dan pengembangan, informasi dan komunikasi. Pada bidang dua terdapat 2 departemen yaitu departemen keolahragaan dan departemen kesenian. Pada bidang tiga terdapat 2 departemen yaitu departemen pengabdian masyarakat dan departement kerohanian. Pada bidang empat terdapat dua departemen yaitu departemen kewirausahaan dan departemen manajemen organisasi. Selain setiap departemen tersebut memiliki program kerja yang berbeda dari departemen lainnya. Proker terbesar yang diadakan tahunan adalah Olimpiade Biologi, Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa, Peringatan Hari Besar Islam, Hari Bumi, dan Seminar Nasional. Namun selain proker tersebut terdapat juga proker lain yang tidak disebutkan.

Fungsi dari HMPSP Biologi Lumba-lumba sendiri selain menjadi wadah untuk berorganisasi, juga untuk menjadi wadah yang juga membantu mengembangkan minat dan bakat mahasiswa pendidikan biologi itu sendiri, menjadi jembatan antara Program Studi dengan Fakultas ataupun dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP itu sendiri.

Harapan kedepannya ialah HMPSP Biologi ini menjadi organisasi yang lebih baik lagi, baik itu dibidang akademik maupun bidang non akademik, dan lebih dikenal oleh seluruh himpunan yang ada di Indonesia dan menjalin kerja sama internal maupun eksternal.


0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

(Wal 'Ashri) وَالْعَصْرِ - Demi Masa

Translate

Total Visitors

Popular Posting