Kamis, 30 April 2020

Selama ekspedisi di India ditemukan spesies baru ular bangkai laut (green pit viper) yang diberi nama Salazar Slytherin yang diambil dari tokoh fiktif penyihir dan salah satu pendiri Hogwarts dari film Harry Potter. Menurut keterangan jurnal yang dipublikasikan lewat Zoosystematics and Evolution, spesies Trimeresurus Salazar ini ditemukan di bagian timur Himalaya pada ketinggian sekitar 170 meter. Ular ini memiliki warna jingga yang unik, garis kemerahan yang membentang dari bagian bawah mata ke belakang kepala pada jantan, membuat spesies tersebut berbeda dari ular berbisa hijau lainnya yang dikenal.
Selama ekspedisi di dekat Cagar Alam Pakke Tiger yang beragam secara biologis di India, para peneliti mengumpulkan dua spesimen yang mereka perhatikan memiliki warna yang sedikit berbeda dari spesies green pit viper lainnya. Setidaknya ada 48 spesies pit viper yang dikenal dalam genus Trimeresurus di Asia Tenggara, yang peneliti gambarkan sebagai “karismatik dan berbisa”. Sifatnya yang "morfologis samar", para peneliti menambahkan bahwa keragaman genus yang sebenarnya mungkin diremehkan dan memerlukan studi lebih lanjut untuk menentukan kisaran penuhnya. Dilansir dari EurekAlert, Zeeshan A. Mirza, pemimpin penelitian, mengatakan bahwa survei di masa depan yang dilakukan di timur laut India akan membantu mendokumentasikan keanekaragaman hayati, yang berada di bawah ancaman dari berbagai kegiatan pembangunan yang mencakup pelebaran jalan, pertanian, dan proyek pembangkit listrik tenaga air.

Sumber : nationalgeographic.grid.id