Selasa, 23 Februari 2016


Ada banyak hal yang masih menjadi rahasia Allah SWT yang tidak terungkap oleh manusia. Meski dengan kecanggihan tekonologi dan sains, manusia masih belum mampu menembus ilmu yang dirahasiakan ini.

Pastinya ada hikmah tersendiri dibalik kuasa Allah untuk menyembunyikan apa-apa yang dikehendaki-Nya ini. Salah satunya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia untuk selalu berbenah memperbaiki diri. Berikut ini hal-hal yang masih dirahasiakan Allah SWT dari Manusia.

  1. Allah SWT Merahasiakan Kematian
Tidak ada manusia yang mengetahui kapan malaikat Izrail datang menjemput. Allah SWT lah yang maha tahu kapan Dia akan mengambil nyawa manusia untuk kembali kepada-Nya. Tentunya banyak hikmah tersembunyi dari alasan Tuhan merahasiakan kematian ini. Salah satunya agar manusia menjadi cerdas. Dengan tidak mengetahui kapan ia meninggal, manusia menjadi berpikir bahwa dunia adalah kehidupan fana dan menjadi tempat pengumpul amal sebelum meninggal. Tidak hanya itu, manusia pun enggan menunda untuk berbuat baik sebagai pintu pahala, mengingat bisa saja ia meninggal sebelum sempat melakukan amal perbuatan yang baik.

  1. Allah Menyembunyikan Keridhaan-Nya Dalam Ketaatan
Ridho Allah SWT memang sangat rahasia. Tidak ada manusia yang tahu apakah kebaikan yang ia lakukan mendapat Ridha-Nya atau tidak. Bisa saja, amal kebaikan yang dianggap kecil malah mendapat rido yang besar dari Allah, namun sebaliknya, bisa saja amal yang kita anggap besar malah dianggap biasa saja.

  1. Marahnya Allah Dalam Maksiat
Tidak hanya Ridha-Nya, Allah SWT juga merahasiakan marahnya dalam perbuatan maksiat yang dilakukan umat manusia. Bahkan dalam tindakan yang kita anggap tidak berdosa, di mata Allah ternyata adalah perbuatan tercela. Salah satu kisah terjadi pada zaman Nabi Muhammad SAW, dimana seorang wanita shaleh selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT di kabarkan malaikat bahwa dia masuk neraka. Tidak lain dan tidak bukan, ini terjadi karena wanita tersebut menyekap seeokor kucing di rumahnya tanpa memberi makan. Ternyata kesalahan yang dianggap kecil oleh manusia, bisa mengantarkannya ke neraka. Inilah hikmah dari Allah merahasiakan marah-Nya dalam maksiat. Bahwa sekecil apapun sebuah kesalahan adalah dosa, sehingga dengan tidak mengetahui kadarnya, kita akan selalu berbuat kebaikan dan menjauhi dosa.

  1. Allah SWT Merahasiakan Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan
Malam Lailatul Qadar merupakan malam terbaik dari Ramadhan, dimana siapa pun yang menjalankan kebajikan pada malam ini, akan mendapatkan pahala layaknya 1000 bulan. Umat Islam yang taat begitu mendamba malam Lailatul Qadar. Namun Allah tidak memberitahukan kapan malam ini akan datang. Melalui Nabi Muhammad SAW, malam Lailatul Qadar dikabarkan turun pada malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Allah SWT tidak pernah memberitahu kapan malam ini datang, sehingga umat Islam yang taat selalu bersiap diri melakukan amal kebaikan.

  1. Allah Menyembunyikan Wali-Nya Diantara Hamba-hamba-Nya
Para ulama mengatakan bahwa Wali selalu diutus sepanjang zaman dan tidak ada yang mengetahui kecuali Allah sendiri. Dahulu Allah secara terbuka memperkenalkan nabi dan rasul yang diutus-Nya. Namun kini sangat tersembunyi dan tertutup rapat sehingga tidak diketahui manusia. Hikmah dari menyembunyikan wali ini adalah agar manusia saling menghormati dan menghargai. Bisa saja orang yang dilecehkan dan direndahkan sebenarnya lebih dekat dengan Allah dan memiliki kedudukan tinggi di hadapan-Nya.

  1. Merahasiakan Ismul A’zham
Ismul A’zham merupakan Nama Allah yang paling agung diantara 98 nama Allah lainnya. Namun manusia tidak pernah mengetahui mana yang dimaksud dengan Ismul A’zham dan hanya Allah yang mengetahui. Padahal jika berdoa dengan memuji dengan nama-Nya ini, maka doa pasti akan terkabul. Hikmah dirahasiakannya Ismul A’zham ini adalah agar kita berdo’a dengan menyebut semua nama-nama-Nya yang indah dalam Asmaul husna dengan hati yang ikhlas dan khusyu’.

2 komentar:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Translate

Total Visitors

Popular Posting

Pengikut