Selasa, 30 Juni 2020

Apakah diantara kalian pernah bertanya, “kok bisa air laut warna biru?”. Ternyata pertanyaan iseng ini mendorong sebuah penelitian fisika cahaya pada awal abad 20 loh..
Dalam laman The Conversation Indonesia, Justin Peter, ilmuwan cuaca dari Australian Bureau of Meteorology, menjelaskan lebih jauh mengenai hal tersebut:
Dalam penjelasan Fisika, terdapat beberapa fakta menarik tentang cahaya. Cahaya yang kita lihat merupakan cahaya putih yang terdiri dari partikel sangat kecil yang disebut foton. Saking kecilnya, ukuranya lebih kecil dari atom.
Partikel ini terbilang aneh karena saat kita mengukurnya, bentuknya terlihat seperti bola kecil dan terkadang seperti gelombang.
Foton membuat cahaya putih dengan panjang gelombang yang berbeda. Ada yang pendek dan panjang. Semuanya membentuk warna pelangi. Foton dengan panjang gelombang terpendek menampakan warna biru. Sedangkan foton dengan panjang gelombang yang terpanjang, berwarna merah.
Pada cahaya sinar matahari, foton mengalir dari matahari dan berinteraksi dengan benda-benda yang ada di bumi. Misalnya dedaunan yang berwarna hijau. Foton hijau memantul dan diserap oleh mata kita.
"Saat cahaya jatuh di suatu benda, beberapa foton akan diserap; beberapa foton akan memantul--kita menyebut ini menghambur," ucap Peter.
Lalu bagaimana air laut berwana biru? Peter mengatakan bahwa air laut tidaklah murni. Maksudnya, ia memiliki banyak hal yang larut di dalamnya. Seperti garam atau potongan mahluk yang telah mati.
Partikel-partikel itulah yang memantulkan sebagian cahaya sembelum sempat mengamburkan warna yang benar-benar biru. lalu, cahaya yang terhambur dari laut biasanya berwarna biru kehijauan.
Langit juga berperan terhadap warna laut menurut Peter. Karena biru langit dan laut memantulkan sebagian dari cahayanya.
"Singkatnya: laut berwarna biru karena cara air menyerap cahaya, cara partikel-partikel dalam air menyebarkan cahaya, dan juga karena pantulan cahaya biru 

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Translate

Total Visitors

Popular Posting

Blog Archive

Pengikut