Sabtu, 27 Agustus 2022

Hasil Opentalk 2 Tahun 2022

 

Pada hari Kamis, 18 Agustus 2022 Program Studi Pendidikan Biologi UNEJ mengadakan Opentalk & Istigasah Bersama secara daring sebelum memasuki masa perkuliahan semester gasal. Berikut adalah hasil diskusi Opentalk :


QnA Sesi 1

1. Bagaimana kelanjutan dari konversi mata kuliah PHP2D tahun lalu ?

Jawaban: Hal ini sudah sempat dijelaskan oleh dosen. Jadi mata kuliah yang dikonversi dari PHP2D/P3D kemarin dipilih melalui PPK ORMAWA, karena munculnya konversi mata kuliah berada di PPK ORMAWA tersebut.

2. Apakah perkuliahan semester ini akan dilakukan full online atau hybrid ?

Saran: Harapannya jadwal kuliah semester ini tidak dilakukan terlalu pagi mengingat perkuliahan semester ini dilakukan secara full offline.

Jawaban: Perkuliahan dilakukan secara offline, namun bisa juga dilakukan secara hybrid, yaitu bagi mahasiswa yang mengikuti Kampus Mengajar.

3. Bagaimana mekanisme penilaian Mata Kuliah Dosen terhadap Mahasiswa ? Apakah ada tips dan trick dari Dosen agar Mahasiswa mendapatkan nilai yang baik di Mata Kuliah yang sedang diampu ?

Jawaban: Mekanisme penilaian mata kuliah akan selalu ditampilkan diawal perkuliahan. Maka dari itu, harus memperhatikan dan membaca isi RPS saat awal perkuliahan berlangsung. Karena didalamnya terdapat metode, berapa presentase penilaian (UTS, UAS, Tugas), dan ketentuan lain tentang mata kuliah tersebut selama 1 semester.   

Tips: Belajar yang rajin, selalu mengerjakan tugas, bertanya jika ada yang tidak dimengerti bisa kepada dosen, teman, atau kakak tingkat, banyak membaca. Pahami mata kuliah tersebut tentang manfaatnya agar kita lebih tertarik dan semangat belajarnya. Pahami tipe belajar kita. Memilih mata kuliah sesuaikan dengan passion, jangan ikut-ikutan teman. Menghormati dan sopan santun kepada dosen agar belajar nya menjadi berkah dan bermanfaat.

4. Di mana Mahasiswa dapat mengakses info – info Beasiswa secara lengkap ?

Jawaban: Banyak informasi yang bisa didapat secara online di web Universitas Jember ataupun di share dari kemahasiswaan dan HMP. Info beasiswa juga bisa didapat dari web internet diluar universitas, misal dari perusahaan atau dari bank.

5. Bagaimana tips dan trick agar Mahasiswa dapat Lulus lebih cepat ?

Jawaban: Memiliki IPK yang bagus, mengikuti MBKM karena biasanya ada konversi mata kuliahnya sebanyak 20 sks. Saat tugas akhir, jangan sering-sering menghilang. Jika ada yang kesusahan di tugas akhir, langsung minta bantuan dosennya.

Jika mau lulus cepat dengan banyak pengalaman maka tips nya adalah: 1) Tentukan skala prioritas, 2) Me-manage waktu dengan baik, bisa dengan membuat jadwal detail per jam, 3) Komitmen dengan skala prioritas dan waktu dengan baik, 4) Bangun komunikasi dengan bapak/ibu dosen pembimbing skripsi dengan baik, 5) Komunikasi dengan teman seangkatan, saling mensupport


QnA Sesi 2: dari Mahasiswa Baru

1. Apa yang harus dipersiapkan mahasiswa baru saat kuliah di Program Studi Pendidikan Biologi ?

Jawaban: Menyiapkan mental, membagi waktu dengan baik antara kuliah dan kegiatan lain, bangun relasi dengan orang lain bisa dengan teman seangkatan ataupun kakak tingkat. Intinya harus beradaptasi dengan baik dengan lingkungan dan kehidupan di sekitar.

2. Bagaimana sistem KRS di Program Studi Pendidikan Biologi ?

KRS merupakan kartu yang mana berisi pilihan mata kuliah apa saja yang akan ditempuh, didalamnya juga tertulis berapa total SKS yang akan diambil oleh mahasiswa tersebut dalam satu semester. KRS memerlukan persetujuan dari dosen pembimbing akademik /DPA masing-masing agar mahasiswa dapat menempuh mata kuliah yang sudah dipaketkan tersebut selama satu semester kedepan.

Saran untuk Dosen

Harapannya semoga komunikasi antara dosen dan mahasiswa lebih baik terutama pada saat perkuliahan berlangsung.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Translate

Total Visitors

Popular Posting