Senin, 01 Januari 2018

Salah satu cuplikan dari suasana Rapat Anggota Tahunan (RAT) HMPSP Biologi “lumba-lumba”, 23 Desember 2017

Pergantian pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi “lumba-lumba” (HMPSP Biologi “lumba-lumba”) tinggal menghitung waktu. Kepengurusan periode masa bakti 2017 telah siap digantikan oleh kandidat-kandidat terpilih yang telah melalui seleksi calon pengurus, dimana kesemuanya telah dipilih berdasarkan kriteria terbaik untuk mengemban tugas dan tanggung jawab yang akan diberikan. Mereka semua adalah tonggak baru bagi masa depan HMPSP Biologi “lumba-lumba” untuk periode tahun kepengurusan 2018, memegang peranan penting untuk perkembangan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember. Orang-orang ini dipilih berdasarkan segala bentuk pertimbangan dan seleksi yang ketat oleh ketua umum baru HMPSP Biologi “lumba-lumba”, Siti Asiyah, perwakilan pengurus HMPSP Biologi “lumba-lumba” Periode 2017, dan Dewan Pertimbangan Organisasi.

Pembukaan Acara RAT 2017 oleh MC, Ari Dwi Setya Laksana

Sambutan oleh ketua HMPSP Biologi "lumba-lumba" periode 2017, Erna Kristiana Dewi

Penyerahan palu sidang secara simbolis dari Ketua Panitia pelaksana RAT, Diana Pratiwi (kanan), kepada Ketua Sidang sementara,Uswatun Hasanah (kiri)

Segala bentuk persiapan sudah seyogyanya diadakan dengan penuh pertimbangan dan perhitungan terukur untuk menyambut kepengurusan mendatang, hal ini menjadi kunci terselenggaranya program-program kerja HMPSP Biologi “lumba-lumba” dengan baik sebagai organisasi yang terpercaya tidak hanya dari segi pelaksanaan teknis dan evaluasi tugas saja, tetapi juga perencanaan kerja sebagai modal awal berlangsungnya aktivitas di dalam organisasi tersebut. Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), sebagai rumusan pokok yang menjadi landasan serta haluan utama penyelengaraan organisasi perlu dibahas sedemikian rupa sebagai tonggak terselenggaranya berbagai macam kegiatan organisasi di lingkungan HMPSP Biologi “lumba-lumba”, Mekanisme Penyelenggaraan Organisasi (MPO) juga diperlukan untuk dirumuskan sekaligus dipahami secara mendalam terutama oleh pengurus baru periode 2018 sebagai landasan pelaksanaan tugas-tugas dan tanggung jawab terhadap himpunan. Selain itu, sekalipun bukan agenda utama, pemilihan Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) menjadi salah satu acara penting yang perlu dilaksanakan sebelum pengurus baru benar-benar dapat melaksanakan tugasnya setelah serah terima jabatan, orang-orang yang terpilih sebagai DPO nantinya akan memiliki peranan penting sebagai pemberi masukan dan saran dalam pelaksanaan tugas mengingat posisi mereka sebagai demisioner (pengurus periode sebelumnya). Berdasarkan hal-hal yang telah disebutkan, maka diadakanlah Rapat Anggota Tahunan, dihadiri oleh segenap pengurus periode 2017 dan periode 2018 HMPSP Biologi “lumba-lumba” beserta Dewan Pertimbangan Organisasi, pada 23-25 Desember 2017. Dalam pelaksanaannya, penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) juga diadakan sebagai salah satu langkah bersama dalam mengevaluasi dan apresiasi kinerja kepengurusan terdahulu, sehingga dapat memberikan gambaran pelaksanaan organisasi ke depannya.

Salah satu cuplikan dari Laporan Pertanggung Jawaban dari salah satu departemen HMPSP Biologi "lumba-lumba" periode 2017

Potret dari Ketua Sidang I dan Ketua Sidang II beserta Sekretaris Sidang

RAT ini bertempat di Ruang 15, Ruang 16, dan Ruang 18, Gedung III, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, dan berlangsung selama tiga hari berturut-turut, dimulai pada hari Sabtu, 23 Desember 2017, sampai dengan Senin, 25 Desember 2017, dengan dihadiri oleh segenap peserta yang terkait langsung dengan kepengurusan HMPSP Biologi “lumba-lumba”. Kegiatan ini dilangsungkan sebagai agenda dalam waktu-waktu terakhir berlangsungnya kepengurusan periode 2018. Harapannya, melalui kegiatan Rapat Anggota Tahunan ini, evaluasi tugas akhir dapat dilaksanakan sebagai bentuk refleksi diri atas kinerja kepengurusan sebelumnya, dan pengurus baru sebagai penerima tugas selanjutnya dapat menjadikannya sebagai modal berharga dalam pelaksanakan organisasi di HMPSP Biologi “lumba-lumba” yang lebih baik lagi di depan.

Pengurus HMPSP Biologi “lumba-lumba” Periode 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

(Wal 'Ashri) وَالْعَصْرِ - Demi Masa

Translate

Total Visitors

Popular Posting