Jumat, 24 September 2021

 







Slide 1

Tks masukan untuk prodi, kami akan terus meningkatkan proses pembimbingan. Namun mahasiswa juga harus sabar karena adanya skala prioritas, kalau ingin bimbingan mahasiswa harus paham cara setiap dosen dalam bimbingan, kalau bisa jangan akhir-akhir karena ada pula mahasiswa lain yang melakukan bimbingan. Pada bimbingan skripsi beberapa dosen mempersilahkan voicenote dengan persetujuan dosen agar lebih mudah dan efisien. Dosen juga ingin bimbingan dilakukan seminimal mungkin dengan memperbaiki skripsi sesuai pembenahan yang diberikan dosbing sehingga dapat lulus dengan cepat, irit biaya dan irit waktu.

Terkait praktikum offline sangat banyak pertimbangan dalam merencanakan, mulai dari segi mahasiswa maupun keamanan bersama baik prokes dikala pandemi. Kami masih mencoba menyesuaikan tata tertib daring yang cocok.

Bimbingan dpa, kalau dalam proses bimbingan dengan dpa dimohon diawali dengan konsultasi bersama dengan dpa melalui zoom meeting. Agar ketika ada permasalahan dapat diatasi dengan baik

Slide 2

Tks kritik dan saran, dalam penyusaian kuliah daring para dosen juga masih belajar sehingga mudahnya menggunakan zoom. Kedepannya dosen akan mencoba bervariasi dengan asinkronus video ataupun dengan variasi-variasi kuliah lainnya.

Terkait jadwal insyaallah perubahan jadwal diusahakan tidak mendadak dan pemberitahuan akan diberikan melalui telegram. Kadang kala di beberapa kasus ada sesuatu yang tidak direncanakan sehingga juga terpaksa memberi pergantian jadwal yang cukup mendadak. Dosen juga akan memberikan diskusi pergantian jadwal kepada mahasiswa sehingga ditemukan jadwal yang kosong.

Slide 3

Terkait hal ini disepakati lagi, ketika dosen ybs terlambat hadir dan tidak memberikan informasi terlebih dahulu. Kami tim dosen akan melakukan diskusi terkait ini, agar keresahan mahasiswa dapat teratasi. Perlu dipertimbangkan pula alasan dosen mengalami keterlambatan, karena terkadang hal2 tak terduga. Kuncinya komunikasi antara mahasiswa dan dosen, kalau bisa pj kelas dapat mengingatkan setiap sebelum perkuliahan. Kedepan ini dosen akan banyak sekali agenda terkait akreditasi AASIIN dan PKKM sehingga pj dapat mengingatkan melalui chat dan bila tidak  ada respon dapat ditelpon dosen ybs.

Slide 4

Dosen memiliki RTM pada setiap penugasan, namun dalam penyampaian nya terdapat beberapa dosen yang menyampaikan secara lisan maupun juga diberikan melalui penugasan di sister.

Slide 5

RPS itu kan sebuah rencana dan rencana terkadang ada beberapa perubahan di tengah jalan untuk menyesuaikan beberapa keadaan. Termasuk jadwal ujian yang  sudah direncanakan. Bila 3 matakuliah dalam satu hari terdapat ujian masih dapat di tolerir. Kami dosen juga akan sebisa mungkin intropeksi dan saling mengingatkan agar jadwal ujian on the track sesuai dengan RPS. Saran kepada mahasiswa agar 3 ujian mata kuliah  tidak berat dalam 1 hari, mahasiswa jangan belajar sks (sistem kebut semalam) ada baiknya belajarnya dicicil.

Slide 6

Data persebaran alumni ada, pada tracer study dan. ada pada wesite pendidikan biologi. Pada ulang tahun p.bio biasanya rutin dilakukan temu alumni, namun sejak pandemi belum dilakukan temu alumni secara alumni. Kami juga ada grup alumni.

Beberapa kali pada acara hmp kami juga mendatangkan alumni untuk memberikan dan sharing terkait pengalaman dan prestasinya agar menginspirasi. Nanti kami akan komunikasikan lagi untuk mengagendakan acara-acara ini.

Kemudian rencananya di website biologi juga akan ada pojok alumni yang akan memberikan informasi terkait prestasi atau pengalaman alumni p.bio.

Pertanyaan 1 (Nanda W.)

·      Apakah tidak ada rencana untuk menambah server pada sister karena sempat down?

Perlu dipertimbangkan jumlah mahasiswa baru, mahasiswa lama, dan mahasiswa pertukaran pelajaran yang sangat banyak karena berbarenga. Mohon dimaklumi karena memang jumlah mahasiswa yang sangat banyak ini, server sister pun sudah menggunakan yang  tertinggi. Sehungga dipersiapkan sister down khususnya diawal semester.

Pertanyaan 2 (Leli Ayu)

·       Untuk praktikum apa bisa dilakukan secara luring?

Semester lalu sudah dibicarakan untuk praktikum luring di beberapa mata kuliah, namun berbenturan dengan respon mahasiswa yang terkendala izin karena pandemi yang sangat rawan. Untuk semester depan, kami akan menunggu kebijakan dari universitas dan bila memungkinkan kami juga akan mempertimbangkan praktikum luring mengingat hardskill yang berkurang.

Pertanyaan 3 (Eggan)

·     Terdapat mata kuliah yang ada praktikum nya yg akan dilakukan secara online, hal apa yang perlu saya persiapkan untuk menghadapi praktikum online dengan baik?

Kurang lebih sama dengan kating ya, yanng penting luruskan naitnya adik-adik ingin menjadi seperti apa? Kuatkan motivasi dalam diri dan kesungguhan diri. Ikuti tata tertib dan petunjuk yang diberi asisten, perhatikan praktikum dengan baik, dan bertanyalah bila ada hal yang kurang jelas dan kurang dipahami. Jangan lupa pula dengan usaha maksimal dan berdoa, Insyaallah perkuliahan akan berjalan dengan baik.

Pertanyaan 4 (Rizqi Ilma Silsilia)

·     Untuk program mbkm (permata merdeka, pkkm, dll) konversi sks matakuliah yang diambil di luar pbio unej bagaimana? apa sudah otomatis atau kami harus mengurus dengan prosedur tertentu?

Untuk yang mengikuti pertukaran pelajar, silahkan memilih menu pertukaran pelajar diluar pt maka akan. Yang akan menginputkan di sistem adalah kaprodi, dan sistem akan otomatis mengkonversikan. Kemudian untuk konversi nilai, akan menyesuaikan nilai yang didapat mahasiswa diluar pt dan . Hindari matkul yg sks nya lebih kecil dari prodi p.bio unej.

Pertanyaan 5 (Andra Yan Pratama)

·   Saya hanya ingin menyarankan bahwa ketika menyerahkan laporan praktikum secara hard file, sebaiknya laporan yang sudah dikoreksi oleh kakak-kakak asisten dikembalikan kepada praktikan agar praktikan mengetahui kesalahan-kesalahan dalam laporannya dan digunakan untuk bahan belajar ketika responsi, serta sebagai arsip bagi praktikan

Laporan pada praktikum offline biasanya dikembalikan, kemudian praktikum online yg tidak dikembalikan akan menjadi masukan. Kami akan menghimbau asisten untuk mengembalikan laporan praktikum agar dapat menjadi pembelajaran bagi mahasiswa.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Translate

Total Visitors

Popular Posting