Rabu, 21 Juni 2017


Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM ini nantinya akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional.

Program Kreativitas Mahasiswa dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi “lumba - lumba”, melalui Departemen Penelitian dan Pengembangan, berinisiatif untuk mengadakan Pelatihan (Workshop) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) guna meningkatkan produktivitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dalam rangka mewujudkan gerakan 1.000 PKM. Dengan target adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, utamanya adalah tahun angkatan 2015 dan 2016, diharapkan ke depannya karya-karya terbaru sebagai perwujudan dari ide-ide inovatif dapat dimunculkan dan dikembangkan guna menunjang keahlian dan pengembangan diri.



Acara ini digelar pada Kamis (25/5), dengan dihadiri oleh para pemateri handal yang telah lama berkecimpung dalam dunia PKM dan telah banyak menorehkan prestasi untuk Program Studi Pendidikan Biologi melalui karya-karyanya, yakni Fiqih Ramadhan dan Ken Izmi Sasmi Afrik Rojanna (keduanya merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, tahun angkatan 2014), dengan pemamparan keduanya mengenai PKM 5 bidang. Tidak ketinggalan turut hadir pula Ibu Dr. Iis Nur Asyiah, S.P., M.P., sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember, sekaligus pemateri utama yang juga bertindak dalam sesi tanya jawab. Acara ini juga dilanjutkan dengan pembentukan kelompok-kelompok kecil dalam simulasi Program Kreativitas Mahasiswa untuk saling bertukar pikiran satu sama lain dalam menuangkan ide-ide kreatif, dan dapat diperhitungkan dalam menyambut PKM Raya yang akan dilaksanakan pada awal semester baru mendatang.


Melalui acara ini diharapkan Gerakan 1.000 PKM yang dicanangkan oleh Universitas Jember dapat terwujud dan dapat terlaksana dengan baik, sehingga menjadi momentum dalam menunjang produktivitas mahasiswa sebagai agen perubahan.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

(Wal 'Ashri) وَالْعَصْرِ - Demi Masa

Translate

Total Visitors

Popular Posting