Rabu, 21 Juni 2017


Bagi setiap muslim, buka puasa merupakan suatu perihal yang menjadi kewajiban di bulan ramadhan guna membatalkan puasa dalam menahan lapar, dahaga, dan berbagai godaan hasrat ataupun nafsu selama seharian penuh, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, dilaksanakan di waktu adzan maghrib telah berkumandang. Tidak dapat dipungkiri, buka puasa menjadi suatu waktu yang paling benar-benar ditunggu-tunggu karena merupakan titik akhir dari sebuah perjuangan kecil melawan hawa nafsu, dan biasanya selalu diidentikkan dengan suasana perjamuan dengan kultur yang masing-masing individu dilaksanakan dengan cara masing-masing yang unik dan berbeda-beda.

Namun, keseruan dalam menyambut buka puasa sepertinya akan benar-benar bertambah ketika acara buka puasa tersebut dilaksanakan secara bersama-sama. Ya... setelah penantian yang cukup panjang akhirnya acara buka puasa bersama seluruh keluarga besar Program Studi Pendidikan Biologi dilaksanakan!


Acara buka bersama ini dihadiri oleh segenap dosen Pendidikan Biologi, laboran, teknisi laboratorium, dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dari seluruh angkatan, mulai dari angkatan 2012 hingga angkatan 2016. Gedung E lantai 2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, menjadi saksi bisu kehangatan persaudaraan dan silaturahmi yang terpancarkan di sore hari itu.

Acara ini dilaksanakan pada hari Ahad, 4 Juni 2017, dengan melibatkan segala kerja keras dari Lembaga Semi Otonom Kerohanian, yang menjadi pemrakarsanya, selain segenap pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi “lumba - lumba” yang turut membantu terselesaikannya acara tersebut dengan baik. Selain buka bersama, serangkaian kegiatan yang juga turut mengisi hari itu adalah: tadarus al-Qur’an bersama yang dilangsungkan di ruang 21 (laboratorium Botani), pembacaan shalawat oleh kawan-kawan Banjari, tausiyah ramadhan yang dipandu langsung oleh bapak Mochammad Iqbal, S.Pd., M.Pd., shalat berjamaah Maghrib dan Isya’, demikian pula ditutup dengan agenda shalat Tarawih dan Witir.


Melalui kegiatan ini diharapkan kesatuan dalam keberagaman di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember dapat selalu terjaga melalui kegiatan silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama umat beragama. Rencananya ke depan, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan dalam konteks halal bi halal keluarga besar Program Studi Pendidikan Biologi dalam menyambut  Idul Fitri.


Semoga Allah SWT selalu memberikan kita kesempatan dan umur yang panjang lagi barokah agar tetap saling bertemu dalam suasana yang hangat dalam silaturahmi. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

(Wal 'Ashri) وَالْعَصْرِ - Demi Masa

Translate

Total Visitors

Popular Posting