Selasa, 09 Agustus 2016


Sampai saat ini, sampah merupakan masalah serius di negeri ini, terutama di kota-kota besar dengan kepadatan penduduk tinggi. Dengan perlakuan yang tepat, sampah yang tadinya menjadi masalah sebagai barang buangan, kotor, berbau, menimbulkan penyakit dan mencemari lingkungan dapat menjadi barang yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Daur ulang ialah salah satu cara yang digunakan untuk meminimalkan jumlah sampah yang ada untuk meningkatkan nilai ekonomisnya menjadi barang-barang yang berguna. Adapun manfaat lainnya adalah menghemat energi, mengurangi polusi, mengurangi kerusakan lahan dan emisi gas rumah kaca dari pada proses pembuat barang baru. Daur ulang merupakan bagian ketiga dalam proses hierarki sampah 3R (Reuse, Reduce, and Recycle). Dan yang dimaksud dengan Reuse yaitu kegiatan mepenggunaan kembali sampah yang masih dapat digunakan baik untuk fungsi yang sama maupun fungsi yang lain. Reduce yaitu mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah. Recycle yaitu mengolah kembali sampah menjadi barang atau  produk baru yang bermanfaat.

Dalam rangka mengurangi sampah yang ada disekitar lingkungan, mahasiswa Program Studi (P.S.) Pendidikan Biologi angkatan tahun 2015, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Jember mengadakan kegiatan Pameran Daur Ulang dalam acara “Pameran dan Gelar Produk Daur Ulang 2016” yang bertempat di Gedung 3, FKIP, Universitas Jember. Acara ini akan dilangsungkan pada hari Senin, 23 Mei 2016, dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, dengan acara yang pertama yaitu pembukaan oleh pembawa acara. Acara yang kedua yaitu sambutan, sambutan pertama dari ketua panitia Bayu M. F. R., sambutan kedua dari dosen pembimbing mata kuliah pengetahuan lingkungan oleh Drs. Wachju Subchan, M.S., Ph.D, sambutan ketiga dari ketua program studi oleh Prof. Dr. Suratno, M.Si yang sekaligus membuka acara pameran dan gelar produk daur ulang. Acara selanjutnya ialah penyematan pin daur ulang secara simbolik oleh ketua program studi kepada ketua panitia, dan penyematan pin oleh ketua panitia kepada ketua program studi dan dosen pembina mata kuliah pengetahuan lingkungan. Acara selanjutnya ialah acara inti, yaitu pameran dan gelar produk daur ulang yang diisi dengan pameran dari banyak jenis gelar produk daur ulang dari bahan-bahan bekas yang telah habis fungsi untuk kembali dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna seperti hiasan, alat-alat pelengkapan rumah tangga, tas, hingga makanan sehat. Selain itu, acara ini juga akan diisi oleh berbagai hiburan dari BioArt, ajang kreativitas seni dari mahasiswa P.S. Pendidikan Biologi, dalam meramaikan kegiatan-kegiatan di dalamnya. Para pengunjung yang hadir juga akan mendapatkan souvenir menarik dan hadiah (doorprize) yang akan diundi secara acak sebagai kenang-kenangan serta beberapa fasilitas lainnya.

Acara “Pameran dan Gelar Produk Daur Ulang 2016” ini diselenggarakan guna menumbuhkan sikap pengelolaan lingkungan di tiap diri mahasiswa sebagai bagian penting dalam menghadapi globalisasi, khususnya di lingkungan FKIP. Perlu diketahui, agenda pameran oleh mahasiswa P.S. Pendidikan Biologi selalu diadakan tiap tahunnya sebagai bagian dari mata kuliah Pengetahuan Lingkungan.


0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Translate

Total Visitors

Popular Posting

Blog Archive

Pengikut