Jumat, 13 Mei 2016


"Save our world, save our future..."

Merupakan semboyan yang sederhana namun memiliki makna luar biasa. Pesan moral ini tidak hanya mementingkan kita di masa kini, melainkan juga untuk kehidupan di masa yang akan datang. Bumi yang kita huni saat ini bukanlah wujud bumi seperti beberapa abad sebelumnya. Bumi mulai menunjukkan banyak perubahan yang mengkhawatirkan, seperti global warming, efek rumah kaca dan lubang pada lapisan ozon. Hal tersebut adalah teguran agar kepedulian manusia terhadap bumi ini ditingkatkan. Hari bumi diperingati setiap tanggal 22 April oleh penduduk di berbagai belahan dunia. 
Dalam rangka memperingati Hari Bumi ini, Mahasiswa Pendidikan Biologi Universiras Jember memiliki sebuah agenda tahunan untuk Hari Bumi. Peringatan Hari Bumi merupakan program kerja dari Departemen Pengabdian Masyarakat. Peringatan ini menunjukkan peran aktif Mahasiswa Pendidikan Biologi dalam rangka menyelamatkan bumi dengan menularkan kepedulian terhadap bumi kepada masyarakat umum.

Serangkaian acara dilaksanakan pada tanggal 22 April 2016 di depan gedung E FKIP Universitas Jember. Pembukaan diikuti oleh seluruh Mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2014 dan 2015. Setelah acara sambutan, dilanjutkan dengan aksi keliling kampus. Mahasiswa Pendidikan Biologi berjalan mengelilingi kampus dan menyuarakan yel-yel peduli lingkungan serta menyebarkan brosur untuk mengajak warga Universitas Jember ikut menjaga bumi. Sembari berjalan, mahasiswa memungut sampah-sampah yang ada di sekitar jalan kampus. Aksi ini dimulai dari FKIP menuju jalan di depan Fakultas Ekonomi, menuju lapangan UNEJ dan fakultas-fakultas lain yang ada di Universitas jember sampai berakhir di gedung rektorat Universitas Jember. Di sana, para mahasiswa melakukan demonstrasi untuk ikut berperan aktif menyelamatkan bumi. Aksi ini dibimbing oleh salah satu dosen dari Pendidikan Biologi, Bapak M. Iqbal, S.Pd, M.Pd. Aksi ini diisi juga oleh bapak rektor Universitas Jember yaitu bapak (Hasan). Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena mahasiswa Pendidikan Biologi secara rutin melaksanakan dan menjadikan peringatan Hari Bumi sebagai agenda tahunan. Mahasiswa melanjutkan aksi menuju bundaran DPR. Disana, Mahasiswa menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan yel-yel dan orasi, ditutup dengan mengheningkan cipta.

Acara pasca hari H bekerja sama dengan Bio Art. Dimana selain sosialisasi aksi cinta bumi, kegiatan diisi oleh kegiatan kesenian dari Mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2014 dan 2015. Acara ini sekaligus meresmikan kegiatan kesenian yang diberi nama BioArt.



0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

(Wal 'Ashri) وَالْعَصْرِ - Demi Masa

Translate

Total Visitors

Popular Posting