Jumat, 01 Januari 2016


“Selamatkan Bumi, Selamatkan Hidup Kita”. Mungkin kalimat itu ialah kalimat yang tepat untuk mewakili acara pada kali ini. Hari bumi, sebuah acara yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Lumba-lumba. Dilatar belakangi kemajuan teknologi di masa sekarang yang mayoritas akan menyebabkan kerusakan lingkungan dan kerusakan bumi karena ulah manusia. Sehingga pada saat ini, para ilmuwan, mahasiswa, peneliti, dan lain sebagainya tidak hanya dituntut untuk mengembangkan teknologi, namun juga dituntut untuk ikut serta dalam pelestarian lingkungan hidup.
Ada yang bilang bahwa mahasiswa adalah agen perubahan, seseorang yang mampu merubah dan menggerakkan suatu negara agar menjadi lebih baik lagi, sehingga suara mahasiswa merupakan suara yang bisa menyebabkan suatu perubahan. Oleh sebab itulah kami Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi melakukan kegiatan ini..

Apa itu Hari Bumi?
Apa kata mereka tentang hari bumi? Let’s check it out

Hari Bumi ialah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini, yaitu bumi itu sendiri.
Apa yang kami lakukan untuk hari bumi?
Kegiatan hari bumi yang dilaksanakan oleh HMPSP Lumba-lumba ini dibagi menjadi 3, yaitu pra-acara, acara inti, dan pasca acara.
Pada pra-acara, kami mencoba meyakinkan dan mengajak masyarakat khususnya masyarakat muda untuk lebih mencintai lingkungan dan menjaga bumi ini. Kegiatan ini kami lakukan di alun-alun kota Jember pada hari Ahad tanggal 20 April 2015.

Kami memilih alun-alun kota Jember, dengan alasan pada hari Ahad tersebut juga dilaksanakan Car Free Day di sana sehingga banyak sekali masyarakat Jember khususnya masyarakat muda yang berkunjung ke sana. Kegiatan ini dilakukan dengan pemberian brosur dan stiker tentang pentingnya menjaga bumi dan salah satu cara untuk lebih mencintai lingkungan yaitu dengan cara 3R
Setelah pra-acara, dilaksanakanlah acara inti yakni, orasi dan jalan sehat pada tanggal 22 April 2015. Acara ini dimulai di depan dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember dengan penyerahan bunga anggrek sebagi simbolis dan dibuka oleh pembantu dekan FKIP. Jalan sehat dan orasi ini dimulai dengan rute menuju ke rektorat, setelah itu menuju ke bundaran DPR. Aksi yang dilakukan para mahasiswa Pendidikan Biologi ini merupakan aksi damai untuk menyadarkan dan mengajak segenap masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar. Aksi ini diikuti oleh semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dari angkatan 2012-2014 serta sebagian dosen. Pada saat di rektorat, kami disambut dengan baik oleh rektor Universitas Jember. Setelah tiba di DPR, kami kembali melakukan orasi sembari memberikan brosur dan stiker kepada orang yang lewat di sekitar bundaran DPR. Dan hal yang paling berkesan ialah, mengheningkan cipta selama satu menit dengan menutup rute jalan. Setelah dari DPR, kami lalu kembali ke FKIP untuk melakukan pentas seni yang diikuti oleh setiap angkatan Program Studi Pendidikan Biologi dan melakukan pengundian kupon jalan sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

(Wal 'Ashri) وَالْعَصْرِ - Demi Masa

Translate

Total Visitors

Popular Posting