Sabtu, 03 Oktober 2020


        PERMATA-SAKTI (Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi) dan Kredit Transfer 4in1 IsDB-Project merupakan salah satu penerapan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Tahun 2020 ini ada lima puluh Perguruan Tinggi Negeri peserta PERMATA-SAKTI yang salah satunya adalah Universitas Jember. Karena tahun ini dilaksanakan online, kuota mahasiswa untuk mendaftar program ini ditambah. Sedangkan Kredit Transfer 4in1 IsDB-Project juga merupakan program yang mirip-mirip dengan PERMATA-SAKTI. Dalam program ini kegiatan mahasiswa adalah kuliah seperti biasa namun di universitas lain.

        Dengan mengikuti program PERMATA-SAKTI ataupun Kredit Transfer ini kalian para mahasiswa pastilah akan mendapat benefits. Selain menambah pengalaman, relasi, ilmu baru dan wawasan, lewat program ini memungkinkan untuk belajar saling menghargai perbedaan dan beradaptasi dengan suasana baru meskipun semester ini kuliahnya daring. Juga, mungkin kamu punya kampus impian yang tidak tercapai, kamu pun bisa merasakan perkuliahan di kampus tersebut lewat program ini.


  
            

           Jika kamu punya prestasi, aktif lomba, aktif organisasi, dan punya IPK yang cukup, kamu bisa coba ikut program ini. Syarat untuk mendaftar Kredit Transfer yaitu mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan scan KTM, file transkip terakhir, scan surat pernyataan kesediaan mahasiswa mengikuti kredit transfer, scan surat pernyataan orang tua/DPA, dan menyertakan CV (Curriculum Vitae).

        PERMATA-SAKTI menggunakan sistem alih kredit. Setiap mahasiswa yang lolos tidak diberikan batasan jumlah perguruan tinggi yang dipilih, namun batasan mata kuliah yang diambil adalah 6 SKS, dan tentu saja jika mengambil SKS dari universitas lain, maka kamu harus meninggalkan SKS di universitas asalmu dengan jumlah yang sama, ya.


 
    


        Mahasiswa pendidikan biologi banyak yang ikut program ini lo, seperti Laela Nisfi Syiami, Neilil Amalia dan Safina Wahyuningtyas yang ikut Kredit Transfer, serta Sophi Sandrina, Nana Mardiana, Ratna Putri Aulia, Sinta Masitohwati, Dita Yuliana Ardi Wati dan Yayuk Fatmawati yang mengikuti PERMATA-SAKTI.

Kalau kata salah satu mahasiswa pendidikan biologi yang ikut PERMATA-SAKTI ke IPB, “Yuk tingkatkan semangat untuk aktif dan berproses menjadi lebih baik karena hidup ini terlalu singkat untuk melakukan hal-hal yang kecil!” 

 
   
  






0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Translate

Total Visitors

Popular Posting