Selasa, 04 Desember 2018

Workshop dilaksanakan di  Tanoker , Ledokombo, Jember dihadiri oleh mahasiswa prodi biologi angkatan 2016 dan angkatan 2017 serta beberapa dosen seperti Ibu Ika Lia Novenda, s.Pd., M.Pd dan Bapak Imam Mudzakkir, M.Si  Pelaksanaan berjalan lancar sampai akhir acara. Para peserta workshop menuju lokasi dengan menggunakan 3 bus,namun dalam perjalanan salah satu bus mengalami masalah. Sehingga peserta workshop mengalami keterlambatan dari jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia. Sesampainya peserta di lokasi workshop, peserta disuguhkan dengan welcome drink berupa teh dengan cita rasa unik. Selanjutnya peserta menuju lokasi kumpul untuk memulai workshop. Acara dimulai dengan kegiatan senam bersama, semua peserta berbaur satu sama lain seperti mahasiswa, dosen, serta tak lupa dari pengelola tanoker  sendiri. Kemudian peserta disuguhkan dengan materi mengenai tanoker iItu sendiri yang  disampaikan secara langsung oleh pemilik dari tanoker. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan kewirausahaan, dimana peserta workshop di bagi menjadi beberapa kelompok dan selanjutnya mmasing masing kelompok diberi pelatihan kerajinan tangan berupa dream chapter, boneka dari pelepah pisang, dompet koin, dan tas kecil dari koran bekas. Setiap peserta diperbolehkan untuk membuat kerajinan tangan sesuai dengan kreatifitas mereka sendiri dan tentunya hasilnya bisa dibawa pulang, menarik bukan?

Kegiatan selanjutnya, peserta workshop diperkenalkan dengan permainan permainan tradisional berupa egrang dan bakiak. Menurut pengelola tanoker, tujuan diperkenalkannya permainan tradisional ini yaitu untuk melestarikan budaya agar para penerus bangsa tidak lupa dengan adanya permainan permainan tradisional yang tentunya tidak kalah seru dibandingkan dengan permainan modern. Sealin itu, melalui permainan tradisional melatih kekompakan. Para peserta diberi kesempatan untuk mencoba permainan erlebih dahulu dan kemudian acara dilanjutkan dengan lomba egrang tercepat daan juga lomba bakiak. Peserta workshop sangat menikmati permainan permainan yang tersedia, bahkan ada yang mencoba menggunakan egrang sampai terjatuh berkali kali. Begitu serunya workshop yang dilaksanakan oleh HMPSP Biologi “lumba-lumba”, selain peserta mendapatkan ilmu tentang berwirusaha tapi juga mendapatkan kesenangan dalam permainan tradisional. Mengingat dari kegiatan akademisi yang dimiliki oleh mahasiswa prodi Biologi yang bisa dibilang sangat sibuk.

            Disusul oleh acara Seminar kewirausahaan yang dilaksanakan pada tanggal 10 November 2018, seminggu setelah dilaksanakannya workshop kewirausahaan pada tanggal 3 November 2018 di Tanoker. Seminar tersebut dihadiri oleh Ibu Ir. Hj. Iriane Chairini Megahwati, Amd.  sebagai pemilik Rolla Batik selaku pemateri. Acara berlangsung pada pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 12.00 WIB. Acara dimulai dengan pembukaan kemudian dilanjut dengan sambutan ketua panitia workshop dan seminar kewirausahaan, Lidya Yustika Putri, kemudian dilanjut oleh ketua umum HMPSP Biologi “lumba-lumba”, Siti Asiyah. Sambutan yang ketiga yaitu oleh Ibu Iis Nur Aisyah, SP., M.P. Selanjutnya adalah tari pembukaan yang dibawakan oleh tari BioArt. Kemudian dilanjutkan dengan materi umum.


            Ibu Iriane menyampaikan banyak  sekali terkait dengan trik-trik untuk menjadi pengusaha ataupun berwirausaha. Semua bisa dilakukan asal kita bersungguh-sungguh dalam menjalaninya.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

(Wal 'Ashri) وَالْعَصْرِ - Demi Masa

Translate

Total Visitors

Popular Posting