Sabtu, 24 Februari 2018


Tercatat 62 hari sejak angket penilaian pelayanan publik diterbitkan, terhitung tanggal 22 Desember 2017 – 21 Februari 2018, telah masuk setidaknya 92 suara responden sebagai bahan kajian survei dalam proses penilaian kepuasan pelayanan publik yang selama ini telah diupayakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi “lumba-lumba” Universitas Jember Periode 2017 melalui berbagai program kerja, baik dalam bidang pendidikan, bakat dan minat, rohani, pengabdian masyarakat, manajemen informasi, dst. Target responden yang diharapkan adalah mahasiswa, dosen atau karyawan, orang tua, dan masyarakat di lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember yang selama ini secara langsung terkena dampak atas pelaksanaan berbagai program kerja yang telah disebutkan, baik terlibat di lapangan maupun secara tidak langsung namun turut memegang andil keberhasilan dalam perencanaan serta pelaksanaannya.
Tingkat kepuasan pelayanan publik merupakan nilai yang sangat berarti bagi kemajuan berpikir dan bertindak dalam organisasi di Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi “lumba-lumba” Universitas Jember, baik dalam pengadaan refleksi diri dan pengembangan program kerja yang lebih ramah dan efektif di kemudian hari. Angka ini juga diharapkan dapat menjadi suatu bentuk representasi atas segala bentuk gejala yang dialami dan dipersepsikan oleh responden selama mengikuti perkembangan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi “lumba-lumba” Universitas Jember Periode 2017, sehingga dapat mewadahi kritik dan saran untuk perkembangan pelaksanaan organisasi yang lebih baik lagi di periode selanjutnya. Berapapun nilai yang diperoleh tidak akan berarti apa-apa jika itu bukan didasari atas kehendak dan kemauan responden dalam mencurahkan segala bentuk harapannya demi Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi “lumba-lumba”.

Bidang kajian Bakat dan Minat yang terdiri atas: Departemen Olahraga dan Departemen Kesenian, masih menjadi favorit utama dalam pembahasan publik. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketertarikan publik memiliki nilai yang paling tinggi dengan beberapa momen yang diharapkan dengan sedemikian rupa, di antaranya seperti: Pekan Olahraga BioCup 2017, Peringatan Hari Bumi dan BioArt (melibatkan gelaran seni), dan kejuaraan tahunan tingkat fakultas Dekan Cup, masih menjadi daya tarik tersendiri bagi publik terhadap bidang kajian ini dalam tiap periode kepengurusan. Selain itu, bidang kajian ini masuk ke dalam kategori bidang kajian dengan nilai kritik publik yang juga paling tinggi, kebanyakan di antaranya berkisar atas: mekanisme pelaksanaan jadwal latihan rutin dan rekrutmen mahasiswa berdasarkan “bakat-minat”-nya. Bidang kajian berikutnya yang menjadi favorit dalam pembahasan publik adalah Manajemen dan Kewirausahaan (terdiri atas Departemen Manajemen Organisasi, Departemen Dana & Usaha, dan Departemen Informasi & Komunikasi), yang tidak dapat dipungkiri bahwa di periode inilah kewirausahaan HMPSP Biologi “lumba-lumba” dapat meraih kredit yang tinggi di lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember setelah membuka usaha jasa percetakan (printing), bekerja sama dengan Double Helix Studio. Di samping itu, informasi di era kemajuan teknologi ini juga menjadi primadona di banyak kegiatan, mengingat kebutuhan masyarakat terhadapnya sangatlah tinggi sebagai satu-satunya media dalam mengikuti segala bentuk kegiatan dari program kerja yang sedang maupun telah dilaksanakan. Bidang Kajian Pendidikan dan Penelitian (terdiri atas Departemen Studi Akademik dan Departemen Penelitian & Pengembangan) sekalipun bukan termasuk bidang kajian dalam pembahasan publik dengan nilai yang tinggi, menjadi bidang kajian dengan tingkat kepuasan terbaik di antara bidang lainnya. Hal ini didasarkan atas persentase kepuasan pelayanan publik di Bidang I yang notabene menghimpun bidang kajian ini. Sementara itu, bidang kajian Sosial dan Spiritual menjadi pembahasan publik yang terendah, mengingat hampir segala bentuk kegiatan di dalamnya telah dihimpun oleh kebijakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember (misalnya: harmonisasi pelaksanaan kegiatan kerohanian), sehingga secara praktikal hanya Departemen Pengabdian Masyarakat-lah yang dapat melaksanakan program kerja secara independen (sekalipun Departemen Kerohanian juga melaksanakan program kerja besar, misalnya Temu Keluarga Biologi dalam menyambut semester baru).
 
Harapannya, pelaksanaan penilaian pelayanan publik ini dapat terus berlangsung sebagai media dalam menampung segala bentuk aspirasi di lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember pada khususnya dan masyarakat pada umumnya terhadap segala bentuk kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi “lumba-lumba”. Karena pada dasarnya, seluruh program kerja menargetkan atas pengembangan mahasiswa dalam segi spiritual, intelektual, dan emosional, yang nantinya akan bermuara pada pengembangan masyarakat itu sendiri, termasuk upaya dalam menjadikan HMPSP Biologi “lumba-lumba” sebagai organisasi yang selalu terbuka terhadap kritik, tidak hanya “bertindak” dalam melakukan pengembangan tetapi juga “mendengar” untuk melakukan perbaikan.
Segala bentuk kepuasan akan kami tingkatkan dan segala bentuk ketidakpuasan akan kami perbaiki, dua-duanya di kepengurusan berikutnya dari HMPSP Biologi “lumba-lumba” untuk lebih berbenah lagi.

laporan lengkap mengenai penilaian pelayanan publik, dapat diunduh di sini:



0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

(Wal 'Ashri) وَالْعَصْرِ - Demi Masa

Translate

Total Visitors

Popular Posting