Jumat, 01 Desember 2017

Logo Dies Natalis pada kesempatan kali ini


Sejak ditetapkannya SK DIKTI Nomor: 44/DIKTI/Kep/1984 sebagai tonggak lahirnya program studi tercinta, Pendidikan Biologi Universitas Jember, pada 18 Juli 1984, aktivitas perkuliahan terus berkembang menuju ke arah yang lebih baik dengan ditunjang oleh setiap komponen termasuk: dosen, karyawan, dan mahasiswa, bahkan kini program studi yang sama-sama kita banggakan ini telah bersiap dalam menjunjung predikat ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA), sebagai standar kualitas universitas yang disepakati dalam lingkup ASEAN. Secara praktikal, AUN-QA sebenarnya memiliki kemiripan dengan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan tentunya terdapat beberapa hal yang berbeda walaupun tidak banyak, sehingga setelah ini Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember akan secara langsung dapat disejajarkan sebagai salah satu program studi terbaik di seluruh kawasan asia tenggara. Di Indonesia sendiri saat ini hanya terdapat 4 perguruan tinggi yang menjadi anggota AUN dan mendapatkan assessment AUN-QA tiap tahunnya, yaitu: Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Airlangga, dan bukan tidak mungkin Universitas Jember akan menjadi nama selanjutnya dengan mengusung Program Studi Pendidikan Biologi sebagai salah satu wakilnya.
33 tahun berlalu dengan penuh sukacita, kerja keras, dan ketulusan dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia, khususnya di bidang kajian Biologi, telah membuat Program Studi Pendidikan Biologi semakin dewasa dan terus mengalami kemajuan ke arah yang lebih baik, tidak hanya dilihat berdasarkan tingkat kelulusan rata-rata mahasiswa, tetapi juga tenaga keprofesionalan, korelasi antar staff, serta perbaikan sarana dan prasarana di seluruh penjuru, telah menjadikan Pendidikan Biologi Universitas Jember sebagai salah satu program studi yang patut untuk diperhitungkan ke depannya.

Poster dan banner

Tidak ada hal lain yang dapat membuat kami bangga selain menjadi bagian dari program studi ini, adalah dengan menjadi salah satu pencetus bahkan pendukung gelaran Dies Natalis Program Studi Pendidikan Biologi bertajuk Mahakarya Seni Keluarga Besar Biologi (MASERASI). MASERASI merupakan suatu bentuk penghargaan dan apresiasi di bidang seni atas bertambahnya dan semakin meningkatnya kualitas perkuliahan di Program Studi Pendidikan Biologi. Chuck Nuris Alvinda (tahun angkatan 2014), merupakan salah satu sosok visioner yang menjadi pioneer atas terbentuknya suatu pagelaran seni penuh dengan kesan artistik dalam menumbuhkan semangat dan kekeluargaan di dalam hubungan internal di Program Studi Pendidikan Biologi melalui kegiatan MASERASI. Tahun ini, dengan segala prestasi dalam menghasilkan lulusan yang mumpuni dan profesional di bidangnya oleh Program Studi Pendidikan Biologi, MASERASI 2.0 telah siap kami persembahkan sebagai perwujudan rasa cinta dan kebanggan kami sebagai bagian dari Pendidikan Biologi Universitas Jember.
Denny Satrya Nugraha (tahun angkatan 2015), salah satu sosok seniman muda yang karismatik namun hanyalah seorang mahasiswa sederhana di lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi, yang dengan melalui tangan emasnya dapat menorehkan gelaran yang tidak kalah istimewanya dibandingkan yang terdahulu, sebagai bentuk ekspresi kecintaan dan semangat yang kuat dalam menunjang program studi ini semakin berkembang untuk ke depannya. Gedung Pusat Kreativitas Mahasiswa dipilih sebagai tempat sakral malam puncak Dies Natalis Program Studi Pendidikan Biologi ke-33 dengan mengusung Est Galaethnight sebagai pesan moral yang ingin disampaikan (Gala: pertunjukan, Eth: keberagaman, Night: malam). Malam puncak dilaksanakan pada 19 November 2017, dimulai sejak pukul 18.00 – selesai, waktu-waktu harmonis yang penuh dengan kehangatan kebersamaan itu berlalu begitu cepat.

Penampilan dari tim tari panitia

Penampilan fashion show dari perwakilan angkatan 2015-2017

Sponsor by Teh JAVANA

Penampilan terakhir pada acara Dies Natalis oleh angkatan tua 2015

 Penampilan stand up comedy by Naning (2014) dan Nuris (2015)


Penampilan Wandra Restusiyan dan kawan-kawan sebagai bintang tamu spesial di MASERASI 2.0

Penghargaan dan nominasi pemenang merupakan sesuatu yang spesial di gelaran MASERASI 2.0 ini, sehingga ajang tersebut tidak hanya membicarakan tentang suguhan penampilan dari tiap-tiap angkatan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember, tetapi juga merupakan momentum yang tepat dalam menggali bakat-bakat luar biasa di luar bidang akademik dari mahasiswa. Nominasi beserta penghargaan yang dipersembahkan dalam MASERASI 2.0 adalah menyanyi, cerita bergambar, fashion show, mahasiswa berprestasi, bahkan hingga dosen terfavorit. Karena itulah, ajang ini terdiri atas serangkaian pra-acara yang mendukung gelaran malam puncak Dies Natalis Est Galaethnight, berupa babak-babak penyisihan dan penentuan finalis atau nominasi (sekaligus pemenang) untuk ditampilkan di malam puncak tersebut. Tidak ketinggalan pula kegiatan pra-acara juga melibatkan acara donor darah; kecintaan terhadap program studi tercinta perlu diwujudkan dengan meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

Lomba menyanyi di depan para juri dari kakak PARANADA Choir


Aksi donor darah sebagai bentuk kepedulian kepada sesama

Selain merupakan ekspresi seni dari mahasiswa sebagai bentuk kecintaan dan kebanggan terhadap program studi tercinta, Pendidikan Biologi Universitas Jember, gelaran Dies Natalis yang bertajuk Mahakarya Seni Keluarga Besar Biologi (MASERASI) 2.0 ini diharapkan guna menghimpun kekuatan positif dari dalam tiap komponen program studi untuk tetap saling bergandengan tangan dan berjuang bersama dalam keharmonisan, kekompakan, dan kehangatan guna mewujudkan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember yang lebih baik lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

(Wal 'Ashri) وَالْعَصْرِ - Demi Masa

Translate

Total Visitors

Popular Posting