Kamis, 21 Desember 2017

Sabtu, 5 Desember 2017 telah terseleksi calon ketua umum HMPSP Biologi “lumba - lumba” periode 2018. Terdapat tiga mahasiswi dari angkatan 2016 yang mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum HMPSP Biologi “lumba - lumba” yang akan menggantikan Erna Kristiana ewi selaku ketua umum HMPSP Biologi “lumba - lumba” periode 2017, yaitu, dengan nomor urut satu Zidna Amalia Firdausy, kemudian dengan nomor urut dua Yulistighasatil Khairiyah, dan yang terakhir dengan nomor urut tiga Siti Asiyah. Pada tanggal tersebut diadakan briefing calon ketua HMPSP Biologi “lumba-lumba” tentang peraturan kegiatan kampanye sampai waktu pemilihan, sekaligus perkenalan calon calon ketua HMPSP Biologi “lumba - lumba”.
Pelaksanaan Briefing Calon Ketua HMPSP Biologi “lumba - lumba”

Satu pekan berlalu, setelah briefing calon ketua umum HMPSP Biologi “lumba-lumba”, tibalah saatnya untuk debat calon ketua HMPSP Biologi “lumba - lumba”. Para calon nampak sudah menyiapkan segalanya untuk acara debat calon ketua HMPSP Biologi “lumba - lumba” ini. Tak lupa calon-calon ketua ini pun mengerahkan banyak mahasiswa sebagai tim suksesnya yang tentunya memeriahkan suasana debat yang berlangsung di gedung 3E FKIP Universitas Jember. Debat dibuka tepat pukul 18.00 WIB. Dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Universitas Jember secara bersama-sama, lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari ketua umum HMPSP Biologi “lumba - lumba” periode 2017 dan ketua Komisi Pemilihan Umum HMPSP Biologi “lumba - lumba” 2017, dilanjutkan dengan perkenalan calon calon, serta penyampaian Visi dan Misi, lalu penampilan bakat dari calon ketua HMPSP Biologi “lumba - lumba” 2018, dilanjutkan dengan acara inti yaitu acara debat itu sendiri.

Pengenalan Calon Ketua Umum HMPSP Biologi "lumba - lumba"

Pada kesempatan yang telah disediakan, masing-masing calon ketua umum HMPSP Biologi “lumba-lumba” 2018 memperkenalkan dirinya dan menyampaikan visi dan misinya untuk HMPSP Biologi “lumba-lumba” kedepannya supaya menjadi himpunan mahasiswa yang leih baik lagi. Setelahnya, dilanjutkan dengan penampilan bakat dari calon-calon ketua HMPSP Biologi “lumba - lumba” 2018, penampilan ini disambut dengan meriah oleh para hadirin penonton debat, para calon ketua umum HMPSP Biologi “lumba - lumba” mengeluarkan bakat-bakat terbaik yang dimilikinya. Pada akhir sesi penampilan bakat ini, penonton pun bertepuk tangan mengapresiasi bakat-bakat yang dimiliki oleh para ketua umum HMPSP Biologi “lumba - lumba” ini.

 
 
Penampilan bakat dari masing-masing calon ketua HMPSP Biologi "lumba - lumba"

Setelah sesi perkenalan dan penampilan bakat selesai, sampailah pada acara inti pada malam itu dimana para calon ketua akan menanggapi pertanyaan juri dan juga saling memberikan pertanyaan pada calon yang lain dan melakukan tanggapan terhadap jawaban yang diberikan. Debat berlangsung sangat seru, pada sesi pertama yaitu sesi menjawab pertanyaan yang telah disediakan oleh panitia dengan cara undi untuk menentukan jawaban yang harus dijawab. Masing-masing calon memberikan jawaban terbaiknya untuk menjawab soal-soal yang diberikan tersebut, jawaban para calon ketua sudah dianggap sangat memusakan dan penonton pun bertepuk tangan. Suasana pun semakin memanas dan persaingan pun semakin ketat. Sesi kedua, yaitu sesi tanya jawab calon ketua umum HMPSP Biologi “lumba - lumba” 2018 dengan para juri. Sesi ini pun berlangsung sangat menegangkan. Juri memberikan banyak pertanyaan sulit bagi calon ketua umum HMPSP Biologi “lumba - lumba”. Namun, para calon ketua ini tak kalah hebatnya dengan para juri yang memberikan pertanyaan. Mereka memberikan jawaban-jawaban yang tidak meragukan penonton untuk memilihinya sehingga suasana pun semakin memanas. Debat dilanjutkan dengan saling mengajukan pertanyaan antar calon ketua umum HMPSP Biologi “lumba - lumba” yang dimulai dari calon nomor urut satu, hingga nomor urut tiga. Setiap calon memberikan pertanyaan sulit bagi rivalnya sehingga calon yang menjawab harus berpikir dengan cepat untuk bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan dalam waktu yang tidak melebihi batas waktu yang telah ditetukan. Para calon telah memberikan segala yang terbaik dalam debat tersebut, penonton pun bertepuk tangan dan bersorak mendukung calon favoritnya. Acara debat ditutup dengan pembacaan doa dan berakhir tepat pukul 20.15 WIB.

Calon Ketua HMPSP Biologi “lumba - lumba” 2018

Kampanye terus berlangsung dengan berbagai cara. Uniknya pada kampanye calon ketua umum HMPSP Biologi “lumba - lumba” sama-sama menggunakan media sosial sebagai sarana utama untuk berkampanye, kampanye yang dilakukan melalui media sosial ini pun beragam bentuknya, kampanye pun tepat berakhir pada 2 hari sebelum pemilihan berlangsung.
Hari penentuan telah tiba. Isnin, 11 Desember 2017 adalah hari dimana pemungutan suara dilakukan. Setelah berbagai rangkaian acara telah dilewati saat yang paling menetukan telah tiba, pukul 07.00 WIB. TPS (tempat pemungutan suara) telah di buka. Para pemilih pun ramai berdatangan dan menggunakan hak pilihnya untuk menetukan masa depan HMPSP Biologi “lumba - lumba” dengan harapan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pemilih sah dalam pemilu kali ini adalah mahasiswa pendidikan biologi aktif dari semua angkatan yang masih aktif berkuliah, staf-staf program studi pendidikan biologi, dan dosen-dosen program studi pendidikan biologi. Tempat pemungutan bertempat di balkon lantai 2 gedung 3E FKIP. Di TPS penuh sesak oleh para pemilih yang sangat antusis menggunakan hak pilihnya hingga pukul 14.00 WIB TPS secara resmi ditutup.

Suasana Pemilihan di TPS

Setelah penutupan TPS, langsung dilakukan penghitungan suara yang dihadiri mahasiswa aktif, calon ketua HMPSP Biologi “lumba - lumba”, tim sukses masing-masing calon ketua HMPSP Biologi “lumba - lumba” 2018 sebagai saksi untuk menghindari adanya kecurangan atau anggapan yang tidak netral terhadap panitia penyelenggara. Penghitungan suara dimulai, suara yang didapatkan oleh calon-calon ketua HMPSP Biologi “lumba - lumba” tidak jauh berbeda, persaingan semakin panas, dan akhirnya di dapatkan penjumlahan suara terbanyak sebanyak lebih dari 150 suara dimenangkan oleh calon nomor urut tiga yaitu saudari Siti Asiyah yang sekaligus resmi terpilih sebagai ketua umum HMPSP Biologi “lumba - lumba” periode 2018 menggantikan ketua umum sebelumnya. Ketua Umum terpilih nantinya akan segera dilantik dalam waktu dekat, dan langsung akan bekerja untuk satu periode kedepan.

Suasana perhitungan suara di TPS 

Foto bersama ketua umum HMPSP Biologi "lumba - lumba" dengan ketiga calon

2 komentar:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

(Wal 'Ashri) وَالْعَصْرِ - Demi Masa

Translate

Total Visitors

Popular Posting