Jumat, 01 Desember 2017

Pelantikan Anggota Baru merupakan salah satu program dari HMPSP Biologi “lumba - lumba” yang merupakan acara dalam pelantikan anggota baru mahasiswa pendidikan 2017. PAB kali ini bertemakan “PARADISIACA”. Pemilihan tema ini bertujuan agar nantinya mahasiswa pendiddikan biologi 2017 diharapkan menjadi generasi pelopor dengan sikap tanggung jawab, mandiri, berpikir secara ilmiah, dan menerima teknologi untuk mengeksplorasi alam. Dalam acara PAB ini nantinya akan diadakan beberapa serangkaian acara hingga sampai acara puncak yaitu inagurasi.

TM PAB 2017

Pada tanggal 23 September 2017, dilaksanakan Technical Meeting dimana seluruh mahasiswa baru pendidikan biologi menghadiri acara tersebut. Peserta PAB 2017 memasuki ruangan pada pukul 18.00 WIB, acara dimulai pada pukul 18.30 WIB. Acara malam itu dilakukan dengan maksud untuk memberi gambaran kepada peserta PAB mengenai tugas-tugas apa saja yang akan mereka lakukan nantinya untuk acara PAB tersebut. Sie acara mengontrol jalannya acara dimana yang pertama dilakukan pengenalan mengenai PAB. Selanjutnya dengan pengenalan anggota panitia kepada peserta didik. Panitia dalam PAB terdiri atas: sie keamanan, sie kesehatan, sie perlengkapan, sie PDD, sie konsumsi, sie acara, sie HuMas, sie KSK, dan terakhir yaitu panitia inti.

Pengenalan tiap sie

Setelah pengenalan anggota panitia PAB, selanjutnya sie acara membacakan serangkaian tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh peserta PAB. Tugas yang harus dikumpulkan peserta PAB terdiri atas tugas 1  yang dikumpulkan 2 Oktober 2017 max pukul 16.00 WIB  pada masing-masing pendamping, tugas 2 dikumpulkan 12 Oktober 2017, paling lambat pukul 16.00 WIB di depan ruang HMPSP Biologi “lumba - lumba”. Setalah di bacakan menganai tugas-tugas yang harus dilakukan disampaikan pula mengenai serangkaian acara yang akan dilakukan pada acara PAB, diantaranya kegiatan Inti 1 yang dilaksanakan pada 14 Oktober 2017, acara outbond, sampai acara inagurasi.
Setelah sie acara menyampaikan serangkaian tugas dan acara yang nantinya akan dilakukan peserta PAB selanjutnya dilakukan pengenalan mengenai apa itu PAB yang dilakukan oleh para SC dan juga panitia HMPSP Biologi “lumba - lumba”.  Setelah semua yang disampaikan oleh panitia maupun SC acara TM diakhiri pada pukul 21.00 WIB. Acara TM berjalan dengan baik baik dari awal sampai akhir.

Pengenalan mengenai PAB yang dilakukan oleh kakak-kakak SC

Acara PAB pada tanggal 14 Oktober 2016 bertempat di Gedung 3 FKIP Universitas Jember. Acara diawali pada pukul 05.30-06.30 WIB untuk berkumpul. Dimulai dari Check In peserta PAB serta pengecekan perlengkapan yang dibawa oleh peserta PAB. Setelah Chek In, dilajutkan dengan upacara apel pembukaan di selenggarakannya acara PAB.  Kemudian pada pukul 06.30-08.00 WIB diadakan apel pembukaan dan penyambutan dari ketua Program Studi Pendidikan Biologi yaitu oleh Ibu Dr. Iis Nur Asyiah, M.P.

Check in peserta PAB serta pengecekan perlengkapan yang dibawa oleh peserta PAB

Upacara apel pembukaan diselenggarakannya acara PAB. Pada apel pembukaan acara PAB, Dr. Iis Nur Asyiah, M.P. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Biologi menjadi pembina dan beliau membuka serta meresmikan acara PAB 2017/2018. Di dalam sambutan beliau, paserta nampak antusias walaupun hangatnya mentari sudah mulai terasa. Selain mengucapkan selamat datang kepada peserta, Dr. Iis Nur Asyiah, M.P. juga memberikan sosialisasi tentang SKPI yang dapat diperoleh mulai dari aktif berorganisasi, aktif mengikuti kegiatan-kegiatan dalam kampus seperti aktif dalam kepanitiaan-kepanitiaan.

Penyerahan simbolis oleh Dr. Iis Nur Asyiah, M.P

Setelah apel selesai, peserta PAB masuk kedalam ruangan yang telah di sediakan panitia. Acara indoor ini ada pengenalan-pengenalan serta pemberian materi yang di sampaikan oleh pengurus HMPSP Biologi “lumba - lumba”, IKAHIMBI dan Dosen Pendidikan Biologi. Pada acara yang pertama, yakni pengenalan pengurus HMPSP Biologi “lumba - lumba”.

Pengenalan tentang kepengurusan HMPSP Biologi “lumba - lumba”

Acara selanjutnya setelah pengenalan tentang kepengurusan HMPSP Biologi “lumba - lumba”, yakni pengenalan IKAHIMBI. Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (IKAHIMBI) merupakan sebuah ikatan organisasi mahasiswa sejenis (IOMS) yang mewadahi seluruh Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) yang terdapat di seluruh Indonesia. IKAHIMBI dibentuk atas dasar keinginan bersama seluruh mahasiswa biologi di Indonesia untuk mengembangkan dan memajukan biologi serta untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.

Pengenalan IKAHIMBI

Setelah pengenalan-pengenalan ada materi yang disampaikan oleh Erlia Narulita, S.Pd, M.Si, P.hD dan Mochammad Iqbal, S.Pd, M.Pd. Di dalam isi materi lebih memotivasi peserta serta memberikan tips dan kiat sebelum mengarungi ilmu di Pendidikan Biologi.

Penyampaian materi oleh Bapak Mochammad Iqbal, S.Pd., M.Pd

Kegiatan terakhir yakni evaluasi peserta dan panitia. Dalam evaluasi peserta dilakukan oleh Sie Komisi Disiplin yang bertanggung jawab dalam mendisiplinkan peserta PAB dari awal acara sampai akhir acara. Dalam evaluasi peserta PAB di mulai dari kelengkapan tugas-tugas yang diberikan serta dari hal-hal apa saja yang harus dipatuhi selama kegiatan PAB. Evaluasi peserta berjalan lancar dengan beberapa poin penting yakni adanya penekanan tujuan awal PAB.
Setelah serangkaian acara yang dilakukan,  kini tiba acara puncak dari PAB pada hari Ahad, 29 Oktober 2017 Mahasiswa Baru (MaBa) adalah masa yang akan paling dirindukan oleh seluruh mahasiswa ketika sudah menginjak semester tua. Karena menjadi Mahasiswa Baru adalah masa penjajakan perubahan diri dari pelajar menjadi Mahasiswa. Segala kebiasaan dan cara berpikir ketika berada di SMA sederajat akan sedikit demi sedikit berubah ketika beranjak ke Perguruan Tinggi. Sebagai kakak tingkat yang baik, kami selaku mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi ingin memberikan kenangan indah untuk semua Mahasiswa/i Baru yaitu dengan mengadakan acara Inagurasi Mahasiswa Baru 2017.
Inagurasi dimulai pukul 07.00 WIB. Semua peserta PAB hadir di Gedung Soerachman dengan pakaian hitam putih. Acara dibuka oleh ketua program studi pendidikan biologi Dr. Iis Nur Asyiah, M.P kemudian disusul oleh ketua HMPSP Biologi “lumba - lumba”, Erna Kristiana Dewi.

Sambutan KaProDi Dr. Iis Nur Asyiah, M.P (atas) dan ambutan dari Ketua HMPSP Biologi "lumba - lumba" Erna Kristiana Dewi (bawah)

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan Pentas seni dan tari, dimana setiap kelompok akan menampilkan kesenian dari berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Hingga pukul 15.00 WIB, Pentas seni berlangsung sangat meriah. Berbagai penampilan sangat menghibur dari tiap kelompok peserta PAB dan juga terdapat beberapa penampilan dari panitia PAB. Berbagai penampilan yang ditampilkan pada acara inagurasi tersebut diantaranya yaitu, Drama Musikal, Akustik, Tari, Paduan Suara, Vocal Grup, Puisi, dan lain-lain dimana setiap kelompok nantinya akan menampikan kekhasan dari masing-masing daerah yang telah dipilih.

Penampilan tari dari panitia PAB

 
Penampilan beberapa kelompok

Setelah selesai penampilan dari peserta PAB maupun panitia PAB, dilanjutkan dengan pembacaan pemenang dari lomba-lomba yang dilakukan pra-Inagurasi, seperti Bio Ranking 1, MaBa terbaik, MaBa terlucu, lomba adu yel-yel, dan lain-lain.

 
Pemberian penghargaan kepada beberapa MaBa

Acara ditutup dengan sambutan-sambutan dari ketua panitia dan menyatakan keluh kesah saat kegiatan PAB berlangsung dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

 
Foto bersama angkatan 2016-2017 (atas) dan full tim angkatan 2017 (bawah)

Masa depan telah menunggu kalian semua. Semangat Mahasiswa Pendidikan Biologi, jalan kalian masih panjang. Akhir acara kami bersalaman, menari dan menyanyi bersama untuk tetap menjaga kekompakan dan silaturahmi antar mahasiswa Biologi.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

(Wal 'Ashri) وَالْعَصْرِ - Demi Masa

Translate

Total Visitors

Popular Posting