Selasa, 04 Desember 2018

                  Technical Meeting I PAB 2018 dilaksanakan pada tanggal 7 September 2018 yang mana diikuti oleh mahasiswa baru pendidikan biologi. Acara TM ini bertujuan untuk memberi gambaran kepada peserta PAB tentang serangkaian acara yang akan dilakukan selama kegiatan PAB, tugas-tugas apa saja yang akan mereka lakukan nantinya untuk acara PAB tersebut. Acara dimulai pada pukul 18.00 WIB yaitu semua peserta melakukan presensi dan mulai memasuki ruangan. Pada pukul 18.30 WIB acara dibuka oleh sie acara. Sie acara bertugas untuk mengontrol jalannya acara dari awal sampai akhir. Acara yang pertama dilakukan yaitu pengenalan PAB. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan panitia-panitia PAB kepada mahasiswa baru. Panitia dalam PAB terdiri dari panitia inti dan beberapa sie yaitu sie acara, sie humas, sie keamanan, sie kesehatan, sie perlengkapan, sie PDD, sie konsumsi dan sie ksk. Setelah pengenalan panitia PAB 2018 dilanjutkan dengan pembacaan serangkaian tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh peserta PAB. Tugas-tugas yang harus dikumpulkan peserta PAB terdiri dari tugas 1 dan tugas 2 serta deadline pengumpulan. Sie acara menyampaikan mengenai serangkaian acara yang akan dilakukan pada acara PAB, diantaranya kegiatan Inti 1, inti 2 dan acara inagurasi. Selanjutnya, dilakukan pengenalan mengenai apa itu PAB yang dilakukan oleh para SC dan juga panitia HMPSP Biologi “lumba - lumba”. Acara Technical Meeting 1 berjalan dengan baik dari awal sampai akhir, kemudian ditutup pada pukul 21.00 WIB.


                        Pada tanggal 14 September 2018 adalah pelaksanaan Technical Meeting yang kedua dari serangkaian acara Pelantikan Anggota Baru Pendidikan Biologi 2018 (PAB). TM 2 ini dilaksanakan di gedung E ruang 15 dan 16, dimulai pukul 18.15. Sebelum memasuki ruangan tersebut, peserta PAB melakukan presensi terlebih dahulu yang telah disediakan oleh panitia. Setelah itu, Sie Komdis melakukan evaluasi masalah kerapian berpakaian serta alas kaki yang digunakan. Setelah evaluasi, dilanjutkan dengan acara pembukaan dan doa oleh sie acara. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan acara. Acara selanjutnya adalah penyampaian tugas oleh panitia. Panitia (Sie Acara) menyampaikan secara detail mengenai tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing peserta PAB. Setelah penyampaian tugas selesai, panitia mempersilahkan peserta PAB untuk bertanya apabila masih ada hal-hal yang kurang dipahami dari informasi yang telah disampaikan sebelumya. Panitia menjawab setiap pertanyaan dari peserta PAB mengenai pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan peserta. Pada pukul 20.20, dilakukan evaluasi oleh sie komdis mengenai jalannya acara. Setelah evaluasi selesai, dilaksanakan doa dan penutupan Technical Meeting 2 oleh sie acara.

                        PAB INTI  1 dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2018 bertempat di gedung E ruang 15 dan 16. Peserta PAB mulai berdatangan dan melakukan cheik in pada jam 5.30 dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan atribut  yang menjadi syarat untuk melanjutkan kegiatan Pab inti 1. Pemeriksaan yang dilakukan diantaranya; kelengkapan dan kesesuaian berpakaian, kelengkapan atribut kelompok, serta kesesuaian ukuran papan dada setiap peserta PAB. Pemeriksaan ini dilakukan oleh Sie Komisi Disiplin. Setelah melakukan check in dan melalui pemeriksaan, peserta dan panitia PAB melaksanakan Apel pembukaan yang dipimpin langsung oleh Ketua Progrsm Studi Pendidikan Biologi Dr. Iis Nur Asyiah, S.P, M.P yang dilaksanakan pada pukul 6.30-7.30 WIB.  Setelah melakuakn apel pembukaan, peserta digiring masuk kedalam ruang 15 dan 16 untuk melanjutkan rangkaian acara pada PAB INTI 1


            Rangkaian acara yang dilalui pada Inti 1 yaitu, Pengenalan Program Studi, Pengenalan HMPSP Biologi “lumba-lumba”, Pemberian materi oleh Nuris Fattahillah, ishoma, evaluasi, dan terakhir penutup. Pada pengenalan Program Studi, peserta PAB diberikan sebuahtayangan mengenai seluk-beluk yang dimiliki oleh program studi Pendidikan Biologi.  kemudian dilanjutkan dengan pengenalan HMPSP Biologi “lumba-lumba” di pada rangkaian acara ini terdapat pengenalan anggota, pengenalan program kerja serta diselingi tawaran oleh anggota HMP untuk mengajak peserta  PAB ikut aktif dalam Himpunan yang dimiliki oleh Pendidikan Biologi. kemudian setelah acara pengenalan program studi dan pengenalan HMP dilanjutkan dengan pemberian materi  oleh Ibu Siti Murdiyah, S.Pd.,M.Pd.  mengenai  tata cara penulisan karya ilmiah dan dilanjutkan dengan pemateri 2,  yaitu Nuris Fattahillah sebagai Guest Starr  dan sosok yang menjadi pemberi motivasi kepada peserta PAB untuk menjadi mahasiswa dengan berbagai prestasi di dalam Program Studi Pendidikan Biologi.


            Setalah pemberian materi, pesertaPAB melakukan kegiatan Ishoma pada pukul 11.30-13.00. pada kegiatan ishoma, peserta PAB diberikan kesempatan untuk melakukan sholat, makan serta melakukan hal-hal menyenangkan bersama panitia untuk lebih mengakrabkan diantara keduanya. Panitia mengajak peserta PAB untuk bernyanyi bersama. Kegiatan ishoma dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi oleh Komisi Disiplin PAB 2018. Evaluasi disini bertujuan untuk mengingatkan akan perlunya sikap disiplin pada mahasiswa, baik itu disiplin waktu maupun sikap dll, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penutup yaitu berdoa bersama.

                        Pada tanggal 14 Oktober 2018 adalah pelaksanaan INTI 2 dari serangkaian  acara Pelantikan Anggota Baru Pendidikan Biologi 2018 (PAB). Pada INTI 2 ini diisi dengan acara outbound yang diikuti seluruh peserta PAB. Selain bermain game dilakukan juga lomba yel-yel antar kelompok peserta PAB. Permainan pada INTI 2 ini dimaksudkan untuk lebih memperkuat kerja sama,gotong royong dan kekompakkan antar peserta dengan npeserta lain baik yang satu kelompok maupun kelompok yang lainnya.

            Permainan yang dilaksanakan adalah yang pertama games YA TIDAK yang berada pada pos 1. Game ini bertujuan untuk untuk melatiih ingatan,ketepatan dan kecepatan peserta untuk berfikir agar dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh panitia yang dilakukan dengan hanya mnyebutkan klu tertentu. Permaian ke-2 adalah games Dragon Ball yang berada pos 2 yang mana game ini lebih menitik beratkan kefokusan peserta untuk mendengarkan petunjuk dan kerja sama antar peserta satu timnya. Game yang ke-3  adalah games kelereng yang berada pada pos 3 yang bertujuan melatih ketepatan,kesabaran dan kecepatan peserta untuk mengambil kelereng pada lumpur menggunakan sumpit.

            Permainan selanjutnya adalah game Bola yang berada pada pos 4, dimana permainan ini sangat membutuhkan kerja sma tim yang luar biasa untuk memasukkan bola dimana 2 pemain harus berada dalam satu sarung yang sama. Permainanyang terkhir adallah permainan estafet baju yang berada pada pos 5, permainan ini bertujuan untuk melatih kecepatan,ketepatan dan kerja sama tim. Pada INTI 2 ini peserta PAB sangat menikmati permainan sehingga permainan mampu dilakukan dengan baik sehingga mendukung kelancaran acara tersebut.


            Setelah berbagai rangkaian acara yang dilalui dalam acara Pelantikan Anggota Baru telah sampailah pada acara penutup dari PAB 2018 yaitu acara Inagurasi, dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2018 dan bertempat di gedung Soerachman lantai 3. Pukul 5.30 wib. para peserta PAB 2018 sudah mulai berdatangan memenuhi halaman luar Gedung Soetarjo, hingga tepat pukul 06.00 wib. Seluruh peserta telah tiba dan berbaris sesuai kelompok masing-masing, dan langsung dilaksanakan pengecekan kelengkapan oleh komisi displin, setelah kelengkapan diperiksa maka secara simbolis peserta melepas atribut name tag pelantikan anggota baru yang melambangkan usainya acara pelantikan anggota baru dan telah saatnya sampai pada acara inagurasi dimana momen ini merupakan momen dimana peserta PAB 2018 telah diterima secara resmi menjadi bagian dari keluarga besar Pendidikan Biologi Universitas Jember.

            Tepat pukul 07.00 wib. Peserta PAB 2018 memasuki ruang aula gedung Mas Soerachman yang berada pada lantai 3, acara dimulai dengan pembacaan basmalah dan ayat suci Al-Qur’an, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Kaprodi, Ketua HMP, dan Ketua Panitia. Tepat pukul 08.00 wib. peserta mengambil nomor urut penampilan kelompok, penampilan kelompok kali ini bertemakan suku-suku di nusantara, setiap kelompok menampilkan tarian mereka masing masing, beberapa kelompok mengkolaborasikan dengan puisi. Selain penampilan dari peserta, Inagurasi PAB 2018 juga dimeriahkan oleh penampilan dari panitia PAB yang membawakan beberapa lagu. Pada jeda antara penampilan peserta ditayangkan video-video kelompok PAB 2018, dan setelah semua penampilan selesai kini saatnya pengumuman pemenang. Kategori lomba yang diperebutkan adalah Kelompok terbaik, Video kelompok terbaik, Video CV terbaik, Putra terbaik, Putri terbaik, dan Juara-juara Bio Ranking Satu. Hingga tepat pukul 15.00 wib. Acara inagurasi PAB 2018 ditutup dengan jabat tangan antara peserta PAB 2018 dengan Panitia PAB 2018.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

(Wal 'Ashri) وَالْعَصْرِ - Demi Masa

Translate

Total Visitors

Popular Posting