Rabu, 05 Desember 2018


Program studi (Prodi) Pendidikan Biologi berdiri berdasarkan SK pendirian PS No.44 t DIKTI/ Kept 1984 tertanggal 18 Juli 1984 merupakan lembaga pendidikan yang mempersiapkan dan mencetak colon guru biologi profesional dan berkualitas, menguasai bidang biologi dan kependidikan, terampil di bidang teknologi informasi (TI) serta mampu bersaing di pasar bebas. Tahun 1984 hingga tahun 1997 penyelenggaraan kuliah dan praktikum Prodi Pendidikan Biologi diselenggarakan di gedung I FKIP di jalan Kalimantan III Jember dengan daya tampung rata-rata 50 mahasiswa per angkatan. Mulai tahun 1998 penyelenggaraan kuliah dipindahkan ke gedung biologi, gedung III FKIP UNEJ. Proses rekruitmen mahasiswa prodi Pendidikan Biologi dilakukan melalui jalur seleksi masuk perguruan tinggi dan jalur seleksi bakat dan minat. Sejak tahun 2006 proses rekruitmen disamping kedua jalur tersebut juga disediakan jenis jalur seleksi Iokal bagi program non reguler. Hingga tahun 2008, prodi Pendidikan Biologi telah meluluskan sejumlah 870 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan mayoritas profesi utama sebagai pendidik berbagai jenjang pendidikan baik tingkat dasar, menengah, atas dan perguruan tinggi.

Berbagai jenis program hibah kompetisi Dikti yang diraih Prodi Pendidikan Biologi yaitu Semi-Que tahun 2003-2005, Hibah Kemitraan 2005, 2006, dan 2007 serta program SP-4 (Jurusan PMIPA). Hibah kompetisi tersebut telah meningkatkan kualitas akademik secara signifikan di Iingkungan Prodi Pendidikan Biologi. Peningkatan kualitas prodi meliputi pembenahan kurikulum, fasilitas pembelajaran berbasis TI, kemampuan dosen dalam mengembangan perencanaan dan media pembelajaran, peningkatan ketersediaan referensi yang dimiliki prodi, pengembangan pembelajaran biologi bilingual (bahasa Inggris - Indonesia), microteaching biologi berbahasa Inggris, praktek mengajar biologi berbahasa Inggris di Sekolah Bertaraf Intemasional (SBI), peningkatan penelitian bidang kependidikan biologi, tersedianya jumal yang dikelola prodi (BIOEDUKASI) yang diperuntukkan bagi semua kalangan guru, dosen atau para peneliti sebagai sarana komunikasi ilmiah di bidang biologi dan kependidikannya. Disamping itu prodi pendidikan biologi juga aktif kerjasama dan memberikan layanan kepada stakeholder khususnya sekolah dalam penelitian kependidikan dan pengembangan model-model pembelajaran biologi bilingual di Sekolah Bertaraf Intemasional (SBI).



Dies Natalis Program Studi Pendidikan Biologi bertajuk Mahakarya Seni Keluarga Besar Biologi (MASERASI). MASERASI merupakan suatu bentuk penghargaan dan apresiasi di bidang seni atas bertambahnya dan semakin meningkatnya kualitas perkuliahan di Program Studi Pendidikan Biologi. Chuck Nuris Alvinda (tahun angkatan 2014), merupakan salah satu sosok visioner yang menjadi pioneer atas terbentuknya suatu pagelaran seni penuh dengan kesan artistik dalam menumbuhkan semangat dan kekeluargaan di dalam hubungan internal di Program Studi Pendidikan Biologi melalui kegiatan MASERASI. Tahun ini, dengan segala prestasi dalam menghasilkan lulusan yang mumpuni dan profesional di bidangnya oleh Program Studi Pendidikan Biologi, MASERASI 3.0 telah siap kami persembahkan sebagai perwujudan rasa cinta dan kebanggan kami sebagai bagian dari Pendidikan Biologi Universitas Jember dengan tema  HOURS Heritage Of Our Arts and Cultures”.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak Agustus hingga November 2018 mulai dari pra acara sampai Hari H, berbagai kegiatan tersebut bukan hanya milik warga Biologi saja, melainkan juga melibatkan masyarakat umum untuk turut berpartisipasi dalam sejumlah kegiatan tersebut. Kegiatan pra acara diantaranya lomba menyanyi, fashion show, pemilihan dosen favorit, donor darah dan lomba foto angkatan. Tahun ke tahun perayaan Dies Natalis ini diselengaarakan indor, tahun ini pertama kali kali diselenggarakan outdoor, hujan dan badai tak pernah menghalangi semangat kami buat merayakan acara Dies Natalis ke- 34 ini. Bahkan para undangan, dosen dan mahasiwa sangat antusias mengikuti acara ini hingga akhir. Tepatnya di depan gedung H FKIP UNEJ, menjadi saksi bisu penyelenggaraan acara ini. Acara pembukaan diawali dengan penampilan band dari  mahasiswa pendidikan biologi. Setiap angkatan harus menampilkan bakat-bakat yang mereka miliki.

Penghargaan dan nominasi pemenang merupakan sesuatu yang spesial di gelaran MASERASI 3.0 ini, sehingga ajang tersebut tidak hanya membicarakan tentang suguhan penampilan dari tiap-tiap angkatan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember, tetapi juga merupakan momen yang tepat dalam menggali bakat-bakat luar biasa di luar bidang akademik dari mahasiswa. Nominasi beserta penghargaan yang dipersembahkan dalam MASERASI 3.0 adalah yang telah dipaparkan diatas diantaranya lomba menyanyi, fashion show, foto angkatan, hingga dosen terfavorit. Karena itulah, ajang ini terdiri atas serangkaian pra-acara yang mendukung gelaran malam puncak Dies Natalis Hours, berupa babak-babak penyisihan dan penentuan finalis atau nominasi (sekaligus pemenang) untuk ditampilkan di malam puncak tersebut. Tidak ketinggalan pula kegiatan pra-acara juga melibatkan acara donor darah; kecintaan terhadap program studi tercinta perlu diwujudkan dengan meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

 Pada MASERASI 3.0 kali ini dibintangtamui oleh MOZA, penampilan ini yang ditunggu-tunggu oleh para penonton dan fans dari MOZA. Berikut dokumentasi penampilan dati bintang tamu kita:

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Translate

Total Visitors

Popular Posting

Blog Archive

Pengikut