Selasa, 27 Maret 2018


         Sabtu, 24 Maret 2018, Aula Gedung H Lantai 3 FKIP Universitas Jember, acara Pelatihan PKM atau Program Kreatifitas Mahasiswa telah dilaksanakan. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2016 dan 2017. Acara yang diadakan satu kali setiap tahun ini dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Diskusi Pelatihan PKM tersebut dihadiri oleh Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Dr. Iis Nur Asyiah, SP., MP.
            Acara diawali dengan pembukaan yang dibawakan oleh MC yaitu Yulistighasatil Khairiyah (2016) yang dimulai dengan pembacaan Basmalah. Kemudian langsung dibuka oleh Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Dr. Iis Nur Asyiah, SP., MP. Beliau menyampaikan bahwa perkuliahan memang penting, akan tetapi jangan lupa untuk tetap berkreasi dan berinovasi. PKM ini merupakan ajang yang banyak diminati oleh seluruh mahasiswa. Mereka berlomba-lomba untuk membuat PKM sebaik mungkin agar bisa lolos LP2M dan DIKTI.
Penyampaian materi oleh Dr. Iis Nur Asyiah, SP., MP.

            Beliau juga menyampaikan ada banyak jenis PKM, diantaranya : PKMM (Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat), PKMP (Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian), dan PKMK (Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan).
            PKMM ini berkaitan dengan peningkatan taraf ekonomi yang ada disebuah wilayah, berkaitan juga dengan ‘difabel’. Untuk PKMP mengenai penelitian-penelitian yang biasanya berkaitan dengan penyakit. Dan PKMK biasanya tentang pembuatan suatu produk, misalnya makanan dan minuman yang khusus untuk orang-orang yang berkebutuhan lebih, seperti diabetes. Misalnya juga dalam bentuk bahan mentah, misalnya pembuatan tepung.
            Setelah Dr. Iis Nur Asyiah, SP., MP menjelaskan gambaran umum mengenai PKM, beliau langsung menyuruh semua mahasiswa yang hadir membentuk kelompok yang terdiri dari tiga orang. Kelompok tersebut untuk menentukan judul PKM. Kelompoknya tidak boleh terdiri dari satu angkatan saja, tetapi harus bersama dengan angkatan yang lain.
diskusi antar kelompok mengenai rencana pembuatan PKM

            Setelah membentuk kelompok, setiap kelompok saling berdiskusi untuk menentukan masalah dan membuat judul PKM sambil sesekali bertanya kepada Dr. Iis Nur Asyiah, SP., MP. Ada yang sudah membuat judul pada waktu itu juga, namun ada juga yang masih belum menentukan judul PKM yang akan dibuat. Jadi beliau memberi deadline pengumpulan judul PKM terakhir adalah tanggal 1 April 2018 di HMPSP Biologi “lumba-lumba”.
            Setelah Pelatihan PKM selesai, kemudian ditutup dengan Hamdalah. Ada banyak ilmu yang didapatkan dalam Pelatihan PKM ini. Semoga semua mahasiswa yang mengajukan PKM lolos di LP2M ataupun di DIKTI. Aamiin ya robbal ‘alamiin J


             

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

(Wal 'Ashri) وَالْعَصْرِ - Demi Masa

Translate

Total Visitors

Popular Posting